Home / Berita / Wall Street berakhir turun tipis jelang pertemuan The Fed

Wall Street berakhir turun tipis jelang pertemuan The Fed


New York (ANTARA News) – Saham-saham di Wall Street membalikkan keuntungan awal menjadi berakhir sedikit lebih rendah pada Senin (Selasa pagi WIB), karena para investor menunggu pertemuan kebijakan Federal Reserve AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 3,63 poin atau 0,02 persen menjadi ditutup pada 18.120,17. Indeks S&P 500 turun tipis 0,04 poin atau 0,01 persen menjadi berakhir di 2.139,12, dan indeks komposit Nasdaq merosot 9,54 poin atau 0,18 persen menjadi 5.235,03.

Para investor terus memantau pertemuan kebijakan dua hari The Fed, yang dijadwalkan dimulai Selasa, untuk petunjuk lebih lanjut tentang waktu kenaikan suku bunga berikutnya.

Pasar-pasar keuangan telah berfluktuasi minggu lalu, karena pernyataan-pernyataan kontras tentang kenaikan suku bunga oleh beberapa pejabat Fed.

“The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pekan ini, tetapi investor sekarang memperkirakan kenaikan (suku bunga) pada Desember. Pejabat-pejabat Fed telah menyerukan kenaikan sebelum akhir tahun mungkin sekali, tapi mereka mengatakan hal yang sama tentang kenaikan sebelum akhir musim panas pada Juni dan Juli,” kata Chris Low, kepala ekonom di FTN Financial, dalam sebuah catatan.

Sementara itu, harga minyak juga dalam fokus, yang diperdagangkan sekitar dua persen lebih tinggi pada sekitar tengah hari Senin, setelah Venezuela mengatakan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen non-OPEC hampir mencapai kesepakatan tentang pembatasan produksi.

Di sisi ekonomi, kepercayaan pengembang perumahan AS di pasar untuk pembangunan baru, rumah keluarga tunggal, pada September melonjak enam poin menjadi 65 dari angka Agustus yang direvisi turun 59 pada Indeks Pasar Perumahan Asosiai Nasional Pengembang Perumahan/Wells Fargo yang dirilis Senin.

Pasar-pasar saham luar negeri meningkat secara luas pada Senin. Di Eropa, indeks acuan DAX 30 Jerman di Bursa Efek Frankfurt naik 0,95 persen, sedangkan indeks patokan FTSE 100 Inggris melonjak 1,54 persen.

Di Asia, pasar saham Tiongkok ditutup lebih tinggi pada Senin setelah libur akhir pekan yang panjang, dengan indeks komposit Shanghai naik 0,77 persen menjadi ditutup pada 3.026,05 poin. 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2016


Sumber : AntaraNews.com