Home / Berita / Pulau Sabang dikunjungi ribuan wisatawan selama liburan sekolah

Pulau Sabang dikunjungi ribuan wisatawan selama liburan sekolah


Khusus kapal fery lebih 1.000 tiket hari ini terjual. Per trip jumlah penumpang sekitar 300-500 orang

Banda Aceh (ANTARA) – Unit Pelabuhan Teknis Daerah (UPTD) Pelabuhan Ulee-lheue Banda Aceh menyebutkan, ribuan wisatawan domestik berlibur ke Pulau Weh, Kota Sabang selama libur sekolah nasional dan mereka terus berdatangan memadati Pelabuhan Ulee-lheue, Banda Aceh.

“Selama libur sekolah setiap hari itu ada ribuan wisatawan menyeberang ke Sabang,” kata Kepala Tata Usaha UPTD Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh, Said Syahrul di Pelabuhan Ulee-lheue Banda Aceh, Sabtu malam.

“Khusus kapal fery lebih 1.000 tiket hari ini terjual. Per trip jumlah penumpang sekitar 300-500 orang,” kata Kepala Tata Usaha UPTD Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh.

Ia menjelaskan kapal fery jenis roll of – roll on (Ro-Ro) saban hari melayani pelayanan Sabang – Badan Aceh dan sebaliknya masing-masing hingga empat trip.

KMP BRR berukuran 911 grose tonnage (GT) menampung penumpang sebanyak 450 orang dengan muatan mobil campuran 25 unit serta 100 unit motor itu beroperasi melayani penumpang dan barang dari Banda Aceh ke Sabang.

Sedangkan, KMP Tanjung Burang yang berukuran 507 grose tonnage (GT) hanya mampu mengangkut penumpang sebanyak 200 orang dan mobil campuran 15 unit, ditambah sepeda motor roda dua 50 unit.

Selain itu, tiga kapal cepat juga melayani penyeberangan pada rute tersebut per hari hingga 3 trip pulang pergi.

“Normalnya pelayaran dua sampai tiga trip per hari dan tiga hari terakhir khusus kapal fery melayari hingga empat trip. Kapal cepat juga begitu,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Faisal menyampaikan, industri pariwisata yang paling diincar oleh wisatawan domestik maupun mancanegara ketika berlibur ke Sabang adalah bahari.

“Destinasi wisata kita itu dominan bahari. Wisatawan bisa menikmati ragam jenis ikan hias dan terumbu karang di bawah Laut Sabang,” kata Faisal.

Objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara ketika berlibur ke Sabang, meliputi hamparan pantai pasir putih “Iboih dan Sumur Tiga” yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, Selat Malaka dan monumen nasional, Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Selain itu, para wisata juga mengunjungi destinasi wisata heritage yakni, meriam peninggalan Portugis di Sabang Fair dan Benteng-Benteng Jepang di sepanjang garis pantai Pulau Weh (Sabang), Provinsi Aceh.

Baca juga: Libur panjang membuat hotel di Pulau Sabang penuh

Baca juga: Imigrasi catat 73 kapal layar mancanegara kunjungi Sabang

Baca juga: Bawa 900 wisman, kapal pesiar MS Albatros sandar di Sabang

Jalan Sabang dan Wahid Hasyim terpantau aman

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019


Sumber : AntaraNews.com