Home / Berita / Pertamina pastikan kebutuhan BBM di Sulteng aman saat Ramadhan

Pertamina pastikan kebutuhan BBM di Sulteng aman saat Ramadhan


Palu (ANTARA) – PT Pertamina (Persero) memastikan stok Bahan Bakar Minyak di Sulawesi Tengah aman saat bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah 2019.

Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII Sulawesi Hatim Ilwan, di Palu, Sabu mengatakan, jika dilihat dari tern sepanjang Ramadhan dan Idulfitri akan terjadi peningkatan konsumsi BBM, termasuk elpiji di semua daerah di Pulau Sulawesi.

“Pertamina sudah memprediksi sebelumnya karena mobilitas masyarakat meningkat saat mudik Lebaran” ungkap Hatim.

Pertamina sebagai perusahaan negara yang membidangi energi memiliki tanggung jawab memenuhi kebutuhan pasokan BBM dan elpiji di masyarakat.

Menurutnya, Sulteng salah satu daerah dengan tingkat konsumsi BBM cukup tinggi, kedua dari Provinsi Sulawesi Selatan selama Ramadhan, sama seperti konsumsi elpiji bersubsidi tiga kilogram sebesar 11 persen.

Dia memaparkan, konsumsi premium di Sulteng meningkat 1,9 persen dari rata-rata konsumsi harian sekitar 589 kiloliter per hari menjadi 600 kiloliter per hari.

Demikian BBM jenis Pertalite naik sekitar 5,3 persen dari rata-rata konsumsi harian 465 kiloliter per hari meningkat sebesar 490 kiloliter per hari.

“Justru Pertamax dan Pertamax Turbo terjadi kenaikan secara signifikan meskipun volumenya kecil berkisar diangka 13 persen untuk produk Pertamax dan 12,5 persen Pertamax turbo,” ujar Hatim.

Sementara BBM jenis bio solar trennya mengalami penurunan sekitar dua persen dan Dexlite turun sekitar enam persen.

Dari segi stok BBM katanya, diprediksi mampu bertahan hingga 15 hari lebih ketersesiaan diseluruh Terminal BBM di wilayah Sulawesi, demikian BBM jenis avtur ketahanan produk mencapai 16 lebih sehingga dipastikan aman hingga lebaran nanti.

Pada Pemilu 19 April 2019, Pertamina MOR VII juga telah melakukan pengamanan stok BBM diseluruh SPBU di Sulawesi guna menjamin ketersediaan pasokan.

“Ini semata-mata memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan jaminan kepada masyarakat meperoleh BBM dengan mudah, ” tutur Hatim.

Baca juga: Pertamina siaga kebutuhan BBM selama Ramadhan
Baca juga: Jonan jamin pasokan BBM aman selama Ramadhan


Sumber : AntaraNews.com