Home / Berita / Penumpang pesawat capai 84,7 juta, laba Angkasa Pura I naik dua digit

Penumpang pesawat capai 84,7 juta, laba Angkasa Pura I naik dua digit


Sentul, Jawa Barat (ANTARA News) – PT Angkasa Pura I (Persero), yang mengelola 13 bandara di wilayah timur dan tengah Indonesia,  selama 2016 lalu telah melayani sekitar 84,7 juta penumpang angkutan udara yang mendorong laba bersih perusahaan itu naik dua digit.

Dengan jumlah penumpang itu, berarti naik 14,3 persen dibanding 2015, sedangkan lalu lintas pesawat tercatat mencapai 762 ribu pergerakan atau naik 8,8 persen, serta kargo 362,5 ribu ton atau meningkat 11,4 persen.

Peningkatan penumpang tersebut berdampak pada pendapatan yang juga tumbuh dua digit. Pada tahun buku 2016, Angkasa Pura I meraup laba bersih Rp 1,1 triliun, meningkat 34 persen jika dibandingkan tahun 2015.

“Selain itu, pendapatan operasional kita mencapai Rp6,1 triliun, meningkat 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S. Baskoro, pada acara HUT ke-53 Angkasa Pura I di Taman Budaya Sentul, Bogor, Sabtu.

Dari total pendapatan tersebut, sebesar Rp3,6 triliun atau 59 persen berasal dari bisnis aeronautika, dan Rp2,5 triliun atau 41 persen berasal dari bisnis non-aeronautika.

Tahun 2017 ini, perseroan menargetkan pendapatan sebesar Rp7,6 triliun, atau naik sekitar 25 persen dari realisasi pendapatan 2016.

Guna mendorong pertumbuhan serta peningkatan pelayanan kepada penumpang, PT Angkasa Pura I akan mempercepat pembangunan sejumlah bandar udara di beberapa daerah di wilayah operasinya.

Pada 20 Februari 2017 lalu, PT Angkasa Pura I (Persero) memasuki usianya yang ke-53.

Dikatakan, perayaan hari jadi perusahaan pengelola 13 bandara di kawasan tengah hingga timur Indonesia ini dijadikan momentum untuk percepatan pembangunan infrastruktur beberapa bandara, seperti Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Baru Yogyakarta.

Angkasa Pura I merupakan pelopor pengusahaan kebandarudaraan secara komersial di Indonesia.

Perusahaan yang awalnya bernama PN Angkasa Pura Kemayoran ini pada 20 Februari 1964 menerima amanat untuk mengelola Bandara Kemayoran, bandara internasional pertama dan satu-satunya di Tanah Air kala itu.

Angkasa Pura I juga mempunyai lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Support, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Sumber : AntaraNews.com