Home / Berita / Penumpang bus Lebaran di DIY diperkirakan turun

Penumpang bus Lebaran di DIY diperkirakan turun


Yogyakarta (ANTARA News) – Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta memperkirakan penurunan jumlah penumpang dan layanan bus pada momentum mudik Lebaran 2017.

“Penurunannya diperkirakan 1-3 persen jika dibandingkan tahun lalu,” kata Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Harry Agus Triono di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Harry, penurunan jumlah layanan bus pada mudik Lebaran mendatang diperkirakan dipicu semakin banyaknya penyelenggaran program mudik gratis baik yang disediakan pemerintah maupun sponsor tertentu.

Selain perkiraan lonjakan program mudik gratis, menurut dia, saat ini penumpang juga semakin memiliki banyak pilihan moda transportasi yang lebih cepat.

Pilihan moda transportasi itu, seperti kereta api dan pesawat terbang yang selain menambah kapasitas penumpang, juga tampil lebih representatif dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya untuk angkutan Lebaran.

“Sehingga kalau masyarakat memiliki pilihan yang lebih baik, maka mereka menggunakan angkutan di luar bus,” kata dia.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan DIY pada momentum Lebaran 2016, jumlah penumpang bus di seluruh terminal di DIY mencapai 999.714 orang atau menurun 3 persen dibandingkan dengan saat 2015 yang mencapai 1.028.214 orang.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI menyatakan akan menyediakan kursi mudik gratis untuk 150.000 orang pada momentum mudik Lebaran mendatang.

Sebanyak 150 ribu orang itu akan diangkut gratis dengan moda transportasi bus, kapal laut, dan kereta api.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Sumber : AntaraNews.com