Home / Berita / Pabrik pertama Asian Paints di Indonesia resmi beroperasi

Pabrik pertama Asian Paints di Indonesia resmi beroperasi


Karawang (ANTARA News) – Pabrik cat pertama PT Asian Paints Indonesia mulai beroperasi di Kawasan Industri Surya Citra, Karawang, Jawa Barat, dengan nilai investasi 40 juta dollar AS.

“Selama 20 tahun kami merambah pasar-pasar negara berkembang di Bangladesh, Nepal dan timur tengah. Dari pengalaman itu, kami percaya diri untuk masuk Indonesia,” kata CEO & Managing Director Asian Paints Group KBS Anand di Karawang, Selasa.

Dalam rencana bisnisnya, Asian Paints akan menambah investasi hingga 100 juta dollar AS hingga 10 tahun mendatang.

Pabrik yang menempati lahan seluas 5,5 hektare tersebut akan memproduksi cat untuk berbagai kebutuhan dengan kapasitas produksi 10.000 ton per tahun, dan secara bertahap mencapai 100.000 ton per tahun hingga 20 tahun mendatang.

Adapun produk cat yang diproduksi di Indonesia seluruhnya akan memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

Sebelum membangun pabrik, perusahaan cat asal India ini mulai berjualan di Indonesia dengan mengimpor produk sejak 2016 di Pulau Sumatera.

Anand menyampaikan, Indonesia merupakan pasar yang penting, karena memiliki penduduk dan kebutuhan akan cat yang besar.

“Indonesia adalah pasar utama bagi kami. Pasar telah menerima kami dengan sangat baik dan kamipun didukung oleh para mitra distributor,” ujar Anand.

Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian Teddy C Sianturi, yang mewakili Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi kepada Asian Paints terhadap investasi yang ditanamkan.

“Ini bagus ya. Karena Indonesia kan sedang mengembangkan infrastruktur, kebutuhan akan cat juga akan banyak,” kata Teddy.

Ia juga menyampaikan apresiasi karena Asian Paints memproduksi cat berbasis air, sehingga lebih ramah lingkungan.

“Ini bagus, jadi lebih ramah lingkungan. Sesuai dengan Standar Nasional Indonesia yang ditetapkan untuk produk cat,” ujarnya.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Sumber : AntaraNews.com