Home / Berita / Menhub jadikan Banyuasin percontohan angkutan sungai

Menhub jadikan Banyuasin percontohan angkutan sungai


Banyuasin, Sumsel (ANTARA News) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menjadikan Kabupaten Banyuasin sebagai salah satu role model atau percontohan angkutan sungai di Indonesia. 

“Di Kabupaten pengembangan Musi Banyuasin ini banyak terdapat sungai,” kata Budi Karya di Banyuasin, Sabtu.

Oleh karena itu Kementerian Perhubungan akan menjadikan kabupaten tersebut sebagai percontohan salah satu daerah yang produktif dengan angkutan sungai, mulai dari pelabuhannya, kapalnya dan juga hasil-hasilnya.

Apalagi kabupaten tersebut, lanjut dia, memiliki potensi angkutan sungai sehingga layak menjadi satu contoh model angkutan perairan di Indonesia.

“Jadi bagaimana pelabuhannya, bagaimana kapalnya, jenisnya supaya itu produktif. Banyuasin menunjukan produktivitasnya bahwa itu bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan sehari-hari, kegiatan ekonomi juga ada di sana,” ujarnya.

Menhub  mengatakan terkait Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK TAA), memang ia pernah meminta Gubernur Sumsel untuk mempercepat karena dia ingin Banyuasin tambah maju dengan kehadiran pelabuhan dan KEK.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan terima kasih atas perhatian Menteri Perhubungan yang telah banyak memberikan sumbangsih untuk Provinsi Sumsel, seperti pembangunan pelabuhan barang dan pelabuhan penyeberangan.

Gubernur mengatakan pelabuhan yang sudah dibangun Kementerian Perhubungan di Tanjung Api-Api akan segera dioperasikan.

“Terima kasih Pak Menteri, dari kementerian itu sudah ada tahap penyelesaian pelabuhan di Makarti, pembangunan pelabuhan penyeberangan di Telang dan beberapa jembatanya juga dibantu oleh Pemprov Sumsel,” katanya.

Sementara mengenai tranportasi air, lanjut Gubernur, Kabupaten Banyuasin sudah pasti harus memperbanyak dermaga mengingat sebagian daerah Banyuasin adalah di perairan.

Menurut dia,  untuk lalu lintas air, dermaga harus diperbanyak agar masyarakat tidak harus ke Palembang mengantarkan hasil bumi dan kegiatan lainnya.

“Bisa dari dermaga-dermaga ada di Banyuasin dan tersambung dengan kawasan industri yang memang sudah dalam tahapan amdal saat ini seperti di Kecamatan Sungsang,” kata Herman Deru. 

Baca juga: Sumsel terima lima bus air mudahkan transportasi Asian Games

 

Pewarta:
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2018


Sumber : AntaraNews.com