Home / Berita / Kemenkeu: Sukuk Tabungan bertujuan rangkul investor kecil

Kemenkeu: Sukuk Tabungan bertujuan rangkul investor kecil


Jakarta (ANTARA News) – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menyebutkan pemasaran Sukuk Tabungan ST-001 bertujuan untuk merangkul investor dengan modal kecil karena satuan pembeliannya yang terjangkau.

Kepala Seksi Pelayanan Publik dan Hubungan Investor DJPPR Dian Handayani dalam acara prapemasaran Sukuk Tabungan Seri ST-001 di Jakarta, Rabu, mengatakan sukuk tabungan memiliki satuan pembelian yang cukup rendah yaitu nominal per unit sebesar Rp1 juta dan minimun pembelian Rp2 juta.

“Sukuk tabungan untuk instrumen belanja investasi tepat. Bagi pensiunan, ibu rumah tangga, dan mahasiswa juga cocok,” ucap dia.

Selain satuan pembelian yang terjangkau, kata Dian, investor yang ambil bagian dalam Sukuk Tabungan Seri ST-001 juga berarti turut berpartisipasi dalam mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Secara umum, manfaat penerbitan sukuk tabungan digunakan untuk membiayai pembangunan proyek APBN seperti jembatan, bendungan, rel kereta api, sekolah, dan jalan. Proyeksi awal DJPPR menyebutkan penjualan Sukuk Tabungan ST-001 mampu menghasilkan manfaat bagi negara sebesar Rp2 triliun.

Selain itu, sebagai instrumen pasar modal, sukuk tabungan tidak memiliki risiko gagal bayar karena pembayaran pokok dan imbalannya dijamin penuh oleh negara sesuai Pasal 9 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Sukuk negara bukan surat pernyataan utang melainkan instrumen penyertaan terhadap aset SBSN,” kata Dian.

Sukuk Tabungan ST-001 merupakan produk baru sektor investasi syariah sukuk negara yang merupakan tabungan investasi orang perseorangan dengan jangka waktu dua tahun dan imbalan tetap yang dibayarkan tiap bulan.

Persentase imbalan per tahun yang dibayarkan tiap bulan akan diumumkan pada 19 Agustus mendatang. Harga nominal per unit adalah Rp1 juta dengan minimum pembelian Rp2 juta dan kelipatannya, serta maksimum pembelian Rp5 miliar.

Investor dapat memesan atau membeli sukuk tabungan selama dua minggu periode penawaran, yaitu 22 Agustus hingga 2 September 2016. Sukuk tabungan ST-001 dapat dibeli di 26 agen penjual yang terdiri dari 20 bank dan enam perusahaan efek.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016


Sumber : AntaraNews.com