Home / Berita / Kemarin, stimulus di pasar modal hingga konsumsi listrik turun

Kemarin, stimulus di pasar modal hingga konsumsi listrik turun

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (21/6) kemarin, mulai dari regulator pasar modal beri stimulus hadapi dampak wabah COVID-19 hingga konsumsi listrik yang turun karena pandemi.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Regulator pasar modal beri stimulus hadapi dampak pandemi

Organisasi Regulator Mandiri (SRO) yang terdiri atas Bursa Efek Indonesia (BEI), Kliring dan Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), serta Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan serangkaian stimulus yang akan diberikan kepada pemangku kepentingan pasar modal.

BEI akan memberikan dukungan penyediaan infrastruktur teknologi informasi kepada anggota bursa dalam implementasi kebijakan Work From Home (WFH) dengan menggunakan internet dan cloud sehingga dapat mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca selengkapnya di sini

2. Mitigasi dampak COVID, Kemenperin pacu IKM ikut pengadaan pemerintah

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dapat berperan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah guna meningkatkan akses pasar sebagai salah upaya mitigasi dampak pandemi COVID-19.

“Oleh karena itu, diperlukan pembinaan serius untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produk IKM,” kata Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

3. Kemenhub jamin distribusi logistik lewat tol laut tetap lancar

Kementerian Perhubungan menjamin distribusi logistik lewat tol laut tetap lancar di tengah pandemi COVID-19 sehingga diharapkan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi.

“Salah satu program Pemerintah dalam upaya menjamin keberlangsungan logistik di tengah masa pandemi Covid adalah dengan mengoptimalkan program Tol Laut,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

4. Mentan saat Hari Krida Pertanian: Momentum menuju pertanian modern

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peringatan Hari Krida Pertanian yang jatuh pada 21 Juni 2020 menjadi momentum bergesernya pola pertanian tradisional menuju pertanian modern.

Menurut Mentan, pertanian tidak lagi menggunakan cara konvensional dengan pola tradisional, namun mengandalkan inovasi dan teknologi informasi sebagai pendukung produktivitas.

Baca selengkapnya di sini

5. PLN catat konsumsi listrik Mei 2020 turun 10,73 persen

PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik pada Mei 2020 mencapai 18,63 Terra Watt hour (TWh) atau mengalami penurunan 10,73 persen dibandingkan Mei 2019 (year on year) yang 20,63 TWh.

Sementara, dibandingkan bulan sebelumnya atau April 2020 (month to month), yang tercatat 19,39 TWh, konsumsi listrik pada Mei 2020 turun 4,08 persen.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, pihaknya optimistis penjualan listrik akan kembali meningkat pada era normal baru.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: BEI: Optimisme pasar terhadap ekonomi Indonesia masih besar

Baca juga: Menhub akui program tol laut belum maksimal

Baca juga: PLN pastikan petugas catat meter turun langsung ke rumah

​​​​​​​

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber : AntaraNews.com