Home / Berita / Harga TBS kelapa sawit di Aceh Barat naik

Harga TBS kelapa sawit di Aceh Barat naik

Alhamdulillah, dengan naiknya harga jual dan beli tandan buah segar kelapa sawit ini, sangat menguntungkan masyarakat khususnya kalangan petani atau pekebun

Meulaboh (ANTARA) – Harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Aceh Barat sejak dua pekan terakhir mengalami kenaikan sebesar Rp1.040 per kilogram, setelah sebelumnya turun hingga kisaran harga Rp900-an hingga Rp950 per kilogramnya.

“Alhamdulillah, dengan naiknya harga jual dan beli tandan buah segar kelapa sawit ini, sangat menguntungkan masyarakat khususnya kalangan petani atau pekebun,” kata Administratur PT Karya Tanah Subur (KTS) Kabupaten Aceh Barat, Martuah Nasution didampingi Humas KTS, Suhaimi kepada ANTARA, di Meulaboh, Rabu.

Menurut dia, dampak naiknya harga jual tersebut menyebabkan animo masyarakat mengalami peningkatan dari biasanya, dengan jumlah TBS kelapa sawit yang diterima setiap hari mencapai 800-900 ton setiap hari.

Kondisi tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan diharapkan aktivitas petani untuk memanen kelapa sawit semakin bergairah.

Agar produksi kelapa sawit masyarakat di Kabupaten Aceh Barat semakin lebih baik dan berkualitas, pihaknya juga melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada petani dengan harapan agar menjaga kualitas buah, dengan merawat dan menjaga tanaman agar terhindar dari serangan hama penyakit.

“Kita berharap petani tidak terbuai dengan naiknya harga TBS kelapa sawit, akan tetapi terus menjaga kualitas dengan meningkatkan perawatan tanaman agar nantinya hasil yang diperoleh lebih baik dan menguntungkan petani,” kata Martuah Nasution.

Baca juga: Pemerintah Aceh minta koperasi desa beli sawit petani

Baca juga: Gajah rusak kebun sawit warga Aceh Barat

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber : AntaraNews.com