Home / Berita / DPR minta Jatim siapkan Rencana Induk Pembangunan Gerbangkertosusila

DPR minta Jatim siapkan Rencana Induk Pembangunan Gerbangkertosusila

Kita semakin optimistis Perpres ini bisa mempercepat pembangunan dan investasi di Jatim sehingga bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional yang terintegrasi dan berkelanjutan

Surabaya (ANTARA) – Badan Anggaran DPR meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertosusila), Kawasan Bromo Tengger Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Badan Anggaran DPR juga meminta Pemprov Jatim selalu berkoordinasi dengan Kementerian Koodinator bidang Perekonomian terkait Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019.

“Agar segera terealisasi maka kami harapkan Pemprov Jatim berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat,” ujar Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah usai kunjungan kerja di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin.

Baca juga: Jokowi teken Perpres Percepatan Pembangunan Kawasan Gerbangkertosusila

Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tersebut tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik Bangkalan Mojokerto Surabaya Sidoarjo Lamongan, Kawasan Bromo Tengger Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut, lahirnya Perpres patut disyukuri masyarakat karena mendapat momentum dan berkah untuk mempercepat proses pembangunan di Jatim.

“Kita semakin optimistis Perpres ini bisa mempercepat pembangunan dan investasi di Jatim sehingga bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional yang terintegrasi dan berkelanjutan,” ucap wakil rakyat asal Sumenep, Madura, tersebut.

Pihaknya menegaskan siap membantu dan mengawal proses pencairan terhadap anggaran percepatan pembangunan infrastruktur itu sekaligus berusaha maksimal agar APBN ikut membantu realisasi dari program Perpres tersebut.

Baca juga: Gubernur Jatim ajukan tiga fokus percepatan pembangunan

Namun demikian, ia juga mengingatkan kepada bupati/wali kota di Jatim selalu bersinergi untuk membangun perekonomian di daerah itu, bahkan jika diperlukan pemerintah daerah mendatangkan para investor untuk mengembangkannya.

“Pertumbuhan ekonomi akan bagus saat proses pembangunan. Tapi, setelah infrastruktur jadi apakah investasi di daerah bisa berkembang atau tidak? Ini yang perlu dipikirkan, khususnya oleh pemerintah daerah,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menemui langsung sejumlah Pimpinan dan Anggota Badan Anggaran DPR tersebut.

Mantan Bupati Trenggalek itu berterima kasih kepada Badan Anggaran DPR yang siap membantu terwujudnya percepatan pembangunan ekonomi melalui Perpres.

“Harapannya pembangunan perekonomian di Jatim dapat meningkat dengan bantuan pembangunan infrastruktur tersebut,” kata Emil Dardak.

Gerbangkertasusila yang berpusat di Surabaya merupakan kawasan metropolitan di Jawa Timur. Gerbangkertosusila merupakan wilayah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) yang berpusat di Jakarta. 

Baca juga: Gubernur Jatim bersiap teruskan pembangunan tanggul antisipasi banjir

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber : AntaraNews.com