Home / Berita / Citilink buka penerbangan perdana Medan-Yogyakarta pada 20 September

Citilink buka penerbangan perdana Medan-Yogyakarta pada 20 September


Yogyakarta (ANTARA News) – Maskapai berbiaya murah Citilink Indonesia membuka rute penerbangan langsung Medan-Yogyakarta dan akan melakukan penerbangan perdananya pada 20 September 2017.

“Kami berharap bisa berkontribusi mendorong pertumbuhan bisnis pariwisata Yogyakarta dan Medan,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo saat jumpa pers di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Juliandra, selain sebagai strategi pengembangan bisnis Citilink, pembukaan rute baru Medan-Yogyakarta juga menunjukkan komitmen serius Citilink Indonesia membantu merealisasikan target Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga 2019.

Sumatera Utara dan Yogyakarta, kata dia, merupakan dua dari 10 destinasi prioritas wisata Pemerintah RI karena terdapat sejumlah destinasi wisata menarik seperti Danau Toba dan Candi Borobudur, selain Labuan Bajo, Mandalika, Morotai, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Kepualan Seribu, serta Tanjung Kelayang.

“Sehingga kami berharap melalui penerbangan tersebut mampu mengakselerasi kesejahteraan masyarakat setempat,” kata dia.

Penerbangan langsung Medan-Yogyakarta, menurut dia, diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi kedua kota tersebut serta memudahkan perjalanan bagi para pelajar maupun pebisnis dalam melakukan kegiatan mereka.

Juliandra optimistis dengan berbagai potensi luar biasa yang dimiliki oleh kedua daerah tersebut, Citilink Indonesia mampu mencapai target rata-rata tingkat keterisian kursi minimum sebesar 85 persen pada rute penerbangan ini.

“Untuk saat ini frekuensi penerbangan Yogyakarta-Medan kami tetapkan satu kali. Ke depan frekuensi penerbangan akan kami tambah jika permintaannya cukup bagus,” kata dia.

Adapun penguasaan pangsa pasar di rute tersebut, Juliandra optimistis Citilink dapat mencapai target 55 persen dari pasar yang sudah ada.

Penerbangan langsung rute baru Medan-Yogyakarta dengan nomor penerbangan QG 980 tersebut akan ditempuh dalam tiga jam 10 menit dengan waktu keberangkatan dari Medan pukul 12.00 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 15.10 WIB.

Sementara itu, penerbangan dari Yogyakarta-Medan dengan nomor penerbangan QG 981 akan ditempuh dalam dua jam 55 menit dengan waktu keberangkatan pukul 15.55 WIB dan tiba di Medan pukul 18.50 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho berharap selain mampu mengundang lebih banyak wisatawan baik mancanegara maupun domestik berkunjung ke Yogyakarta, pembukaan rute penerbangan Yogyakarta-Medan oleh Citilink Indonesia dapat mengurangi kepadatan arus transportasi darat di Yogyakarta.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Sumber : AntaraNews.com