Home / Berita / Bursa Australia berakhir menguat didukung pasar saham regional

Bursa Australia berakhir menguat didukung pasar saham regional


Sydney (ANTARA News) – Saham-saham Australia ditutup lebih tinggi pada perdagangan Rabu, karena pasar saham regional mempertahankan kekuatannya dan mengabaikan prospek negatif dari Eropa dan kinerja datar di Amerika Serikat.

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 8,7 poin atau 0,14 persen menjadi 6.049,8 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 8,3 poin atau 0,14 persen menjadi 6.163,8 poin.

Kepala analis pasar CMC Markets and Stockbroking, Michael McCarthy mengatakan perdagangan lokal mencerminkan beberapa keraguan, berfluktuasi antara wilayah negatif dan positif sebelum berakhir naik.

“Hari yang mengejutkan di bursa Asia-Pasifik karena pasar bertahan atau membuat kemajuan kecil dan mengabaikan petunjuk negatif yang kami miliki dari perdagangan Eropa dan kinerja datar di AS … Tapi itu mencerminkan momentum kuat yang kami lihat di pasar Asia Pasifik kemarin,” katanya dikutip dari Xinhua.

Secara lokal, beberapa saham yang telah berada di bawah tekanan signifikan selama beberapa sesi perdagangan terakhir bangkit kembali hari ini dan di saham-saham kesehatan tertentu, dengan dukungan yang sangat baik untuk sektor ini serta mencerminkan fokus yang diberikan investor kepada bisnis yang sebagian besar di Australia di tengah kekhawatiran pasar global, tambah McCarthy.

Di ujung lain dari spektrum, para pemain top dari hari sebelumnya terpukul, dengan saham sektor utilitas dan emas terpengaruh serta material, meskipun reli di logam dasar, katanya.

Bank-bank besar ditutup menguat, dengan ANZ 0,19 persen lebih tinggi, Commonwealth Bank menambahkan 0,32 persen, National Australia Bank menguat 0,26 persen dan Westpac merayap naik 0,04 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton naik 0,26 persen, saingannya Rio Tinto naik 0,58 persen, penambang emas Newcrest merosot 0,72 persen, serta Woodside Petroleum menambahkan 0,88 persen.

Jaringan supermarket Woolworths turun 0,43 persen, sementara saingannya Wesfarmers naik 0,33 persen.

Operator penerbangan nasional Qantas naik 0,91 persen, raksasa telekomunikasi Telstra menambahkan 0,94 persen dan kelompok biomedis CSL naik 1,91 persen.

Baca juga: Bursa Australia dibuka melemah
Baca juga: Saham Australia turun terseret sektor kesehatan dan teknologi informasi

 

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018


Sumber : AntaraNews.com