Home / Berita / Bupati Pasuruan ajak wisatawan China kunjungi Bromo

Bupati Pasuruan ajak wisatawan China kunjungi Bromo

Beijing (ANTARA News) – Bupati Pasuruan, Jawa Timur, Irsyad Yusuf, mengajak wisatawan asal China untuk mengunjungi objek wisata Gunung Bromo, Jawa Timur, melalui daerahnya.

“Dengan ditetapkannya Bromo sebagai salah satu wisatawan unggulan oleh Presiden Jokowi, maka kami manfaatkan untuk mendatangkan wisatawan di China lebih banyak lagi,” katanya kepada Antara di Beijing, Selasa.

Ia menyebutkan sejak bulan Juni lalu, sudah ada hotel bintang lima baru yang jaraknya tidak begitu jauh dari Gunung Penanjakan sebagai gardu pandang matahari terbit di kawasan Gunung Bromo.

 

Selain itu, lanjut dia, infrastruktur di sekitar kawasan Gunung Bromo yang berada di wilayah Kabupaten Pasuruan juga cukup bagus.

Pihaknya setiap tahun juga menyelenggarakan ajang olahraga bertaraf internasional “Bromo Marathon International” di Tosari.

“Akomodasi baru dan ajang kegiatan level internasional itu kami harapkan bisa menarik minat wisatawan,” ujar adik kandung Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf itu.

Dengan adanya akomodasi baru ditunjang infrastruktur yang bagus, Bupati menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 150 ribu orang pada tahun depan.

Irsyad menyebutkan bahwa Kabupaten Pasuruan dalam satu tahun didatangi sekitar 100 ribu wisatawan mancanegara.

“Yang terbanyak memang dari China. Disusul dari negara-negara di ASEAN dan Korea Selatan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Atase Pendidikan KBRI Beijing Yaya Sutarya yang menyambut kedatangan Bupati Pasuruan itu berjanji akan membantu mempromosikan pariwisata Gunung Bromo dan budaya masyarakat Tengger.

“Kalau di sini biasanya promosi wisata dilakukan oleh para pelajar Indonesia melalui kegiatan pentas seni dan budaya,” ujarnya.

Dalam berbagai kegiatan pameran pariwisata Nusantara di China, Bromo juga turut diperkenalkan kepada para wisatawan mancanegara karena merupakan salah satu dari 10 tujuan wisata Indonesia selain Bali.

Gunung api yang memiliki kaldera berupa lautan pasir itu relatif dikenal oleh para wisatawan asal China. Namun sayangnya sampai saat ini, tidak ada penerbangan langsung dari kota-kota di China ke Surabaya.

Selain Kabupaten Pasuruan, Gunung Bromo bisa ditempuh melalui Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang. 

Baca juga: Di Brunei, Indonesia promosikan wisata Bromo Tengger Semeru

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber : AntaraNews.com