Home / Berita / Banten dorong wisata pertanian dukung ‘Negeri Diatas Awan’

Banten dorong wisata pertanian dukung ‘Negeri Diatas Awan’

Serang (ANTARA) – Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten mendorong Pemkab Lebak bersama masyarakat Citorek yang berada di sekitar Kawasan Wisata ‘Negeri Diatas Awan’ Gunung Luhur, mengembangkan wisata agro atau pertanian untuk mendukung penguatan dan pengembangan wisata di lokasi tersebut.

“Kan Gunung Luhur ini merupakan titik akhir dari kunjungan wisatawan. Karena ini masuk wisata religi atau wisata alam maka perlu daya dukung wisata lainnya yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya,” kata Kepala Dinas Pertanian Agus M Tauchid di Serang, Minggu.

Menurut Agus, pengembangan wisata pertanian atau wisata agro sangat cocok untuk daerah Citorek sebagai pendukung terhadap keberadaan wisata Negeri Diatas Awan yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Desa Citorek Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

“Di sekitar sini ada beberapa desa yang cocok untuk pengembangan pertanian organik, misalnya menanam kubis, stroberi, bunga-bunga dan tanaman hias,” kata Agus.

Sehingga nantinya, kata dia, para pengunjung yang datang ke Citorek tidak hanya sekedar melihat awan saja, tapi pulangnya bisa membeli sayuran atau produk pertanian organik lainnya.

“Nanti juga dikembangkan tanaman pendukungnya seperti pisang tanduk dan beras merah,” kata Agus.

Baca juga: Semangat Banten wujudkan mimpi membangun ‘Negeri Di atas Awan’

Baca juga: Banten segera bangun masjid di kawasan “Negeri Diatas Awan”

Akan tetapi, kata dia, dalam pengembangan agro wisata tersebut jangan sampai bertentangan atau melawan tradisi adat masyarakat Citorek.

” Kami tidak ingin melawan tradisi, misalnya kebiasaan di sini tanaman padi itu hanya satu tahun sekali,” kata dia.

Untuk merealisasikan itu, kata Agus, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala desa atau jaro yang ada di beberapa wilayahbdi Citorek, untuk membicarakan calon petani dan calon lokasi (CPCL) di beberapa desa.

Sebelumnya Ketua DPRD Banten Andra Soni mendukung Pemprov Banten dan Pemkab Lebak untuk terus berupaya mengembangkan kawasan wisata “Negeri Diatas Awan”, salah satunya menggali potensi wisata lainnya untuk mendukung atau menguatkan kawasan wisata yang baru dibuka beberapa bulan lalu tersebut.

Dengan adanya pengembangan wisata tersebut diharapkan memberikan dampak bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Jadi orang yang datang ke sini tidak hanya melihat awan saja. Harus ada wisata lain yang bisa mendukungnya, misalnya pulangnya bisa membawa oleh-oleh hasil pertanian atau ada wisata lainnya,” kata Andra Soni.*

Baca juga: Suara millenial dari negeri di atas awan

Baca juga: Rumah Pohon wisata alternatif Pesisir Selatan

Pewarta: Mulyana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber : AntaraNews.com