Home / Berita / Bank Indonesia bangun “Pojok BI” kampus Muhammadiyah

Bank Indonesia bangun “Pojok BI” kampus Muhammadiyah


Mataram (ANTARA News) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat membangun “Pojok BI” (BI Corner) di Universitas Muhammadiyah Mataram dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap peran dan tugas bank sentral.

BI Corner tersebut diresmikan oleh Kepala Perwakilan BI NTB Prijono, di Mataram, Kamis. Kegiatan peresmian tersebut bersinergi dengan peresmian Pusat Corner Universitas Muhammadiyah Mataram, yang terdiri dari Garuda Indonesia Corner dan BSN Corner.

“Ini adalah bentuk kontribusi BI untuk ikut mendorong peningkatan kualitas pendidikan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI),” kata Prijono.

Menurut dia, tantangan bangsa Indonesia ke depan akan semakin berat. Tantangan tersebut harus dijawab dengan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pendidikan di kalangan mahasiswa yang merupakan kaum intelektual.

Di NTB, lanjut dia, peningkatan kualitas pendidikan menjadi tantangan yang perlu dijawab bersama guna mendorong peningkatan indeks pembangunan manusia NTB.

“Dengan mengusung tema “Indonesia Cerdas”, BI berinisiatif untuk membangun Pojok Bank Indonesia (BI Corner) sebagai wadah guna mendorong pemahaman masyarakat tentang peran dan tugas bank sentral,” ujarnya.

Prijono menambahkan, selain untuk mendorong pemahaman masyarakat tentang tugas BI, keberadaan “BI Corner” juga bertujuan untuk mendorong minat baca.

Survei dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah, yakni hanya 0,001 persena.

Sebaliknya, minat masyarakat Indonesia dalam menonton televisi justru lebih tinggi.

“Urgensi untuk meningkatkan minat baca, khususnya di kalangan mahasiswa, menjadi hal yang perlu diprioritaskan untuk mencetak sumber daya manusia NTB yang unggul guna menopang pembangunan NTB ke depannya,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram mengapresiasi kepercayaan yang diberikan BI sehingga terwujudnya pembangunan “BI Corner” di kampusnya.

Keberadaan Pojok BI tersebut diharapkan dapat memperkuat sumber referensi yang dibutuhkan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, terlebih fasilitas baca tersebut juga dilengkapi dengan publikasi-publikasi rutin tentang bank sentral serta jurnal-jurnal ilmiah yang terkini.

“Ke depan Universitas Muhammadiyah Mataram berharap kerja sama dengan BI akan terus terjalin dengan baik, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa,” katanya.

Pembangunan “BI Corner” di Universitas Muhammadiyah Mataram merupakan yang ke-7 di NTB. Sebelumnya, Kantor Perwakilan BI NTB telah membangun Pojok BI di Universitas Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram.

Selain itu, di Universitas Teknologi Sumbawa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bima, Universitas Hamzanwadi, Kabupaten Lombok Timur, dan Perpustakaan Daerah Provinsi NTB.

Pojok BI dilengkapi didukung dengan desain dan fasilitas yang memadai, serta koleksi pustaka yang berkualitas, sehingga diharapkan dapat menjadi perpanjangan Kantor Perwakilan BI NTB untuk mendekatkan sumber informasi yang dimiliki kepada masyarakat.

(T.KR-WLD/N005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Sumber : AntaraNews.com