Home / Berita / Astra gelar Start-Up Challenge untuk dukung UMKM

Astra gelar Start-Up Challenge untuk dukung UMKM


Jakarta (ANTARA News) – PT Astra International Tbk mengadakan program Astra Start-Up Challenge (ASC) demi mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Acara ini bertujuan meningkatkan motivasi generasi muda usia 18-35 tahun untuk berwirausaha,” kata Chief of Corporata Communications, Social Responsibility and Security PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas, di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 25 finalis yang terpilih akan diberikan hadiah uang tunai, paket wisata rohani dan pembinaan senilai total Rp300 juta.

Peserta harus mengajukan proposal bisnis yang akan dievaluasi panel profesional bisnis. Proposal dinilai berdasarkan model bisnis kanvas yang terdiri dari customer segment (specific target), channel (distribution), customer relationship, value, idea, key resources (man and utility), key activity, partnership, revenue serta cost.

Mereka yang proposalnya lolos akan diundang mengikuti Enterpreneur Camp untuk pembekalan seputar start-up. Peserta yang lolos menjadi finalis ASC berhak mengikuti mentoring.

Para finalis punya kesempatan mendapat dana atau meminjam modal usaha, pendampingan dan pelatihan program selama enam bulan secara cuma-cuma. Mentoring dapat dilakukan secara tatap mata maupun online. 
Finalis akan mengikuti mentoring secara langsung sebanyak empat kali pertemuan dan dibekali enam paket modul bisnis secara gratis. Ada kompetisi mini di setiap pertemuan mentoring untuk menentukan klasemen sementara finalis.

Tiga finalis ASC dengan klasemen tertinggi mendapat hadiah uang tunai sebagai dana bantuan usaha.

Mereka juga berhak mendapat kesempatan coaching seumur hidup dengan para ahli hingga bisnisnya berkembang dan memiliki pendapatan sesuai target.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2016


Sumber : AntaraNews.com